Cara Mengatasi Operasi Selesai dengan Kesalahan ZArchiver

Operasi Selesai dengan Kesalahan ZArchiver
Operasi Selesai dengan Kesalahan ZArchiver

Ekonsul.comOperasi Selesai dengan Kesalahan ZArchiver – ZArchiver merupakan aplikasi pengelola file arsip yang bisa dipakai buat mengekstrak, mengompres, & mengelola arsip file pada perangkat Android. Aplikasi ini mendukung aneka macam format file misalnya ZIP, RAR, TAR, 7Z & lainnya. Dengan ZArchiver Anda bisa mengekstrak arsip menurut file, menambahkan arsip baru ke file, mengompres arsip ke file, dan mengelola arsip file yg terdapat pada perangkat Anda. Aplikasi ini juga dilengkapi menggunakan fitur kunci password & enkripsi guna menjaga privasi arsip. ZArchiver bisa diunduh secara free lewat Google Play Store.

Kesalahan terkadang muncul saat menggunakan aplikasi. Misalnya, kata-kata “Operasi selesai dengan kesalahan” muncul ketika kami mencoba mengekstrak file. Jadi bagaimana cara mengatasi operasi selesai dengan kesalahan ZArchiver? Anda dapat melihat detail lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Operasi dijalankan dengan kesalahan ZArchiver

Sebelum melanjutkan untuk memperbaiki ZArchiver tidak dapat mengekstrak file, Anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor apa yang menyebabkannya. Beberapa hal yang dapat menyebabkan operasi berakhir dengan kesalahan di ZArchiver adalah:

1. File arsip rusak atau tidak valid: Ini dapat terjadi jika file arsip rusak atau terganggu selama pengunduhan atau transfer.

2. Penyimpanan internal tidak mencukupi: ZArchiver membutuhkan ruang yang cukup di penyimpanan internal perangkat Anda untuk melakukan operasi dekompresi atau kompresi.

3. Izin aplikasi tidak memadai: ZArchiver mungkin memerlukan izin tertentu untuk mengakses atau mengelola file di perangkat Anda. Pastikan Anda telah memberikan aplikasi izin yang diperlukan.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Status WhatsApp Orang Lain di iPhone dan Android

4. Koneksi Internet Lemah: Jika Anda mencoba mengekstrak atau mengompres file dari atau ke penyimpanan awan, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil.

5. Versi ZArchiver yang tidak kompatibel: Pastikan Anda menggunakan aplikasi versi terbaru dan aplikasi tersebut kompatibel dengan versi Android yang Anda gunakan.

Cara Mengatasi Operasi Selesai dengan Kesalahan ZArchiver

Dari beberapa penyebab di atas kita bisa tahu apa yang harus dilakukan saat mendapati ZArchiver terdapat kesalahan saat mengekstrak file. Adapun cara ampuh mengatasi operasi selesai dengan kesalahan ZArchiver selengkapnya, sebagai berikut:

1. Download Ulang File Arsip

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi operasi selesai dengan kesalahan di aplikasi ZArchiver yakni dengan melakukan pengunduhan ulang file arsip yang gagal diekstrak. Jika kamu mengunduhnya dari internet, pastikan koneksi jaringan yang digunakan cepat dan stabil.

2. Pastikan Ruang Memori Internet Tidak Penuh

Kamu bisa memindahkan file media besar, seperti video, gambar, atau jenis file lainnya ke penyimpanan lain. Bisa memindahkannya ke memori eksternal atau microSD, flashdisk, penyimpanan di laptop atau PC, dan lain sebagainya.

Atau jika memang tidak dibutuhkan lagi, maka lebih baik kamu menghapusa file yang tersimpan di memori internal HP tersebut. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi cleaner untuk menghapus file cahce dan file tersembunyi, serta file lainnya yang ada di memori HP.

3. Aktifkan Izin Aplikasi

Aplikasi biasanya membutuhkan izin akses ke beberapa fitur atau komponen yang ada di HP agar bisa bekerja maksimal. Termasuk juga dengan aplikasi ZArchiver, di mana kamu perlu memberikan semua izin akses yang dibutuhkannya.

Untuk memberikan izin akses ke aplikasi ZArchiver ini sendiri, yakni:

  1. Tekan dan tahan ikon aplikasi ZArchiver yang ada di layar menu.
  2. Kemudian pilih opsi Info Aplikasi yang muncul di atasnya.
  3. Selanjutnya masuk ke opsi Izin Akses.
  4. Kemudian aktifkan semua izin akses yang diperlukan oleh aplikasi tersebut.
  5. Selesai.
Baca Juga  Cara Menonaktifkan IG Sementara di iPhone, Android, dan Komputer

4. Update Aplikasi ZArchiver ke Versi Terbaru

Aplikasi ZArchiver yang sudah usang juga bisa menjadi penyebab kenapa masalah kesalahan ekstrak file arsip ini terjadi. Untuk itu, kamu perlu mengupdatenya ke versi terbaru melalui Google Play Store.

Update apliaksi ZArchiver dengan mengunjungi laman Google Play Store, lalu ketik ZArchiver di kolom pencarian. Pada hasil aplikasi yang ditampilkan, kamu pilih ZArchiver lalu klik tombol Update atau Perbarui.

5. Gunakan Aplikasi Lain

Jika masih tetap saja error, solusi terakhir kamu bisa memilih menggunakan aplikasi lain yang tersedia di Google Play Store. Ada banyak aplikasi serupa di Google Play Store yang bisa kamu gunakan secara gratis dan tidak kalah handal dalam hal mengelola file arsip.

Itulah tadi cara mengatasi operasi selesai dengan kesalahan ZArchiver yang ampuh dan mudah bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Cara Mengatasi Operasi Selesai dengan Kesalahan ZArchiver | Ekonsul | 4.5